Posted in Indonesian, Money, Tips

Meningkatkan Harga Jual Properti

properti, rumah, apartemen, aset, this & that, bleebloob, harga jual tinggi, agen properti, renovasi, better value

 

Ketika kita ingin menjual properti, seperti rumah atau apartemen, kita pasti ingin properti kita dinilai dengan harga bagus, kalau memungkinkan malah terjual dengan harga diatas nilai market saat itu. Ada beberapa hal yang tidak bisa kita rubah, seperti lokasi dan lingkungan, namun ada hal-hal lain yang bisa kita lakukan agar properti kita terlihat bagus (tanpa harus menyembunyikan sesuatu), unik, bersih dan worth it untuk diberi harga diatas standar harga market. Beberapa hal yang perlu kita lakukan untuk meningkatkan nilai jual properti kita antara lain:

  • Renovasi kecil. Perbaikan-perbaikan kecil terhadap properti itu sendiri bisa meningkatkan harga jual properti tersebut. Contohnya: pengecatan dinding yang sudah mengelupas, perbaikan keramik atau furniture yang rusak, perbaikan saluran air yang bocor, dan lain-lain.
  • Mempercantik eksterior. Jika budget memungkinkan, perubahan terhadap eksterior rumah dapat mendongkrak harga jual properti secara signifikan. Contohnya: menambah taman kecil, lampu taman, membuat kotak surat/mailbox, membuat atau mengecat ulang pagar di depan rumah, jika perlu dan mungkin menambahkan carport.
  • Kebersihan. Lakukan pembersihan rumah secara total. Ketika calon pembeli datang untuk melihat properti kita, mereka pasti akan memposisikan diri jika mereka tinggal di rumah tersebut. Rumah yang bersih dan rapi tidak hanya memberikan kesan yang bagus mengenai penghuninya (penjual), namun juga akan memberikan perasaan nyaman kepada calon pembeli ketika mereka memproyeksikan diri tinggal di tempat tersebut.

Selain itu, ada beberapa hal lain yang perlu kita lakukan yang secara tidak langsung akan mempengaruhi calon pembeli dalam mempertimbangkan untuk membeli properti kita, yaitu:

  • Persiapan dokumen. Dokumen disini tidak hanya dokumen legal, seperti sertifikat rumah/apartemen, IMB, AJB atau BPHTB untuk apartemen, namun semua dokumen terkait properti tersebut, antara lain: tagihan PBB, tagihan listrik, tagihan telephone, tagihan air, tagihan parkir, tagihan maintenance fee & sinking fund (untuk apartemen), tagihan keamanan lingkungan dan tagihan kebersihan. Persiapkan semua dokumen dalam bentuk copy paling tidak untuk tagihan sebulan terakhir, akan lebih bagus jika kita mempunyai copy atau informasi tagihan 3 bulan terakhir. Memberikan informasi seakurat mungkin kepada calon pembeli akan mempermudah mereka untuk ambil keputusan.
  • Daftar nomor telepon penting. Contohnya nomor telepon/informasi mengenai pengelola/manajemen gedung,  pengelola parkir (untuk apartemen) atau nomor telepon ketua RT/RW dan satpam lingkungan untuk perumahan, dan lain-lain.
  • Sewa agen properti dengan tepat. Pilihan untuk menjual properti secara langsung atau melalui agen akan tergantung kepada preferensi masing-masing. Menjual properti melalui agen tentunya memberikan banyak kelebihan, antara lain: lebih efisien dari sisi waktu karena mereka yang akan berhubungan langsung dengan pembeli. Pemilihan agen properti yang tepat tidak hanya membantu dalam mempromosikan properti tersebut, namun juga membantu menyelesaikan transaksi jual beli dengan aman dan nyaman.

Demikian beberapa cara yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan nilai/harga jual rumah/apartemen yang akan kita jual.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s