Posted in Indonesian, Money, Tips

Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit

credit card, manfaat kartu kredit, perbankan, kartu kredit, kegunaan kartu kredit, this & that, bleebloob

Saat ini hampir semua orang mempunyai kartu kredit. Ada yang sekedar punya satu kartu kredit untuk emergency, ada juga yang punya beberapa kartu kredit untuk berbagai kebutuhan yang berbeda-beda. Selain mempunyai banyak manfaat, pengguna kartu kredit juga akan dikenakan berbagai biaya jika kita tidak hati-hati menggunakannya.

Nah…bagaimana kita bisa memanfaatkan kartu kredit secara maksimal dan meminimalkan biaya-biaya yang mungkin timbul ketika menggunakannya?

Pertama, kita harus tahu mengenai biaya-biaya yang terkait dengan penggunaan kartu kredit, baik biaya wajib yang melekat di kartu kredit atau biaya tambahan lainnya, yaitu antara lain:

  • Iuran tahunan (annual fee). Setiap kartu kredit mengenakan iuran tahunan yang besarnya bervariasi, tergantung jenis kartu kredit tersebut. Sekarang ini banyak bank yang mengeluarkan kartu kredit dengan iuran tahunan bebas biaya (ada yang 1 tahun pertama atau 2 tahun pertama). Namun ada bank yang menawarkan kartu kredit bebas iuran tahunan selamanya, salah satu contohnya: kartu kredit CIMB Niaga Master Card, khusus gold & platinum. Selain itu, ada juga kartu kredit yang bebas iuran tahunan jika penggunaan rata-rata dalam 1 bulan mencapai minimal percentage dari limit kartu kredit, contohnya: kartu kredit BCA. Memanfaatkan kartu kredit tanpa biaya iuran tahunan selamanya tentunya akan sangat menguntungkan.
  • Pembebanan bunga transaksi, jika kita tidak melakukan pembayaran tagihan kartu kredit secara penuh. Untuk itu, bayarlah selalu tagihan kartu kredit secara penuh (full payment), jangan hanya membayarkan sebesar “minimum payment”.
  • Biaya keterlambatan, jika kita tidak melakukan pembayaran tagihan sebesar “minimum payment” pada saat jatuh tempo. Umumnya bank memberikan waktu tenggang antara 1 – 2 hari dari tanggal jatuh tempo. Meskipun begitu, sebaiknya lakukan pembayaran kartu kredit beberapa hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda biaya keterlambatan.
  • Biaya overlimit, jika pemakaian melebihi batas limit kartu kredit. Ada bank yang akan memberitahukan kepada kita bila kartu kredit yang kita gunakan untuk transaksi melebihi limitnya. Namun, sebaiknya kita juga harus ingat seberapa banyak kita menggunakan kartu kredit tersebut agar jangan sampai terkena biaya overlimit.
  • Biaya cash advance, jika kita melakukan penarikan uang tunai dengan kartu kredit.
  • Biaya cetak tagihan bulanan kartu kredit. Manfaatkan pengiriman tagihan secara elektronik (e-biling/e-statement) yang bebas biaya karena sekarang ini banyak bank yang mengenakan biaya tambahan jika tagihan dikirimkan dalam bentuk cetakan/hard copy.
  • Biaya materai, merupakan biaya wajib dan tidak bisa dihilangkan.
  • Biaya transfer/pembayaran tagihan kartu kredit, merupakan biaya yang akan dikenakan oleh bank penerbit kartu kredit jika kita melakukan pembayaran kartu kredit dari bank lain.

Selanjutnya apa saja manfaat yang akan kita dapatkan dengan menggunakan kartu kredit, selain sebagai alat pembayaran? Berikut uraiannya:

  • Sebagai alat pembayaran, baik untuk pembelian atau pembayaran tagihan rutin (bisa memanfaatkan pembayaran autodebit untuk tagihan rutin, seperti: pembayaran tagihan telephone/handphone, asuransi, uang sekolah, dan lain-lain).
  • Installment/cicilan (beberapa kartu kredit menawarkan promosi cicilan 0% di merchant yang bekerja sama untuk jangka waktu antara 3 s.d 36 bulan, bahkan ada yang 48 bulan.
  • Promosi diskon: bersantap, berbelanja, pembelian tiket pesawat/hotel/kereta api, dan lain-lain. Kita dapat berlangganan “newsletter” kartu kredit tersebut untuk mengetahui update promosi diskon terbaru.
  • Poin reward yang dikumpulkan dapat ditukarkan dengan barang atau voucher belanja, diskon langsung di merchant yang kerja sama atau di-convert ke miles penerbangan
  • Cash back. Beberapa jenis kartu kredit tidak memberikan poin reward untuk transaksi yang kita lakukan, tapi diganti dengan cash back. Cash back ini dapat ditukarkan untuk mengurangi jumlah tagihan kartu kredit atau di-convert ke miles penerbangan.
  • Akses airport lounge untuk jenis kartu kredit tertentu.
  • Fasilitas cash advance (tarik tunai). Sebaiknya hanya digunakan dalam kondisi emergency karena untuk fasilitas ini, bank akan mengenakan biaya dan bunga yang cukup tinggi.
  • Credit shield/guard. Fasilitas tambahan berupa perlindungan asuransi jika pengguna mengalami kecelakaan/meninggal dunia sehingga tidak mampu membayar tagihan kartu kredit.

Saya pribadi lebih suka dengan kartu kredit yang bekerja sama dengan Frequent Flyer penerbangan, sehingga setiap saat saya berbelanja dan mendapatkan poin, saya dapat meng-convert poin tersebut ke miles penerbangan. Dengan poin yang cukup, kita bisa membeli tiket pesawat dengan gratis (note: diluar tarif pajak, asuransi & fuel surcharge jika ada). Beberapa airline bekerja sama dengan perbankan menerbitkan kartu kredit co-brand airline khusus traveler. Anda dapat membaca kelebihan kartu kredit jenis ini di link Kelebihan Kartu Kredit Co-Brand Airline.

Tentu saja pilihan kartu kredit akan tergantung dengan preferensi dan kebutuhan masing-masing. Paling tidak dengan mengetahui hal-hal tersebut diatas, kita bisa maksimalkan manfaat kartu kredit sesuai kebutuhan kita dan meminimalisir biaya yang harus kita keluarkan.

Advertisements

One thought on “Memaksimalkan Manfaat Kartu Kredit

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s