Jual Preloved tanpa Repot

preloved, mudah jual preloved, pre-owned, barang second, branded preloved, tinkerlust, online shopping, branded murah, this & that, bleebloob

Sekarang ini banyak sekali website marketplace yang muncul yang dapat membantu kita untuk menjual barang preloved. Dari Kaskus, Bukalapak, Carousell, Jualo, OLX, Prelo dan mungkin masih akan muncul banyak marketplace sejenis lagi di masa datang.

Secara umum, marketplace tersebut mempunyai konsep consumer to consumer, artinya website tersebut hanya menyediakan tempat untuk kita berjualan. Kita sebagai penjual tetap harus berhubungan dengan pembeli secara langsung. Kita juga yang harus mempersiapkan barang dari produksi foto, upload foto ke web, mendeskripsikan barang yang kita jual, berkomunikasi/nego dengan pembeli, sampai deal harga dan mengirimkan barangnya atau ketemu langung dengan pembeli. Untuk orang-orang yang tidak punya banyak waktu, hal ini tentunya agak merepotkan. Kalau barang yang akan dijual sedikit mungkin tidak apa-apa, tapi kalau barangnya banyak, ribet juga kan?

Nah … baru-baru ini, saya lihat di Instagram ada marketplace untuk jual-beli preloved, tapi mempunyai konsep yang berbeda. Namanya Tinkerlust (www.tinkerlust.com). Di sini, kita bisa jual preloved kita tanpa repot. Mereka akan bantu kita untuk mempersiapkan foto barang-barang kita, meng-upload ke website Tinkerlust sampai mengirimkan barang ke pembeli kalau sudah terjual. Kita hanya perlu mempersiapkan barang-barang tersebut dalam box dengan nama dan contact detail, lalu mengirimkan ke kantor mereka. Mereka bisa atur untuk pick-up barang kita jika lokasi kita di area Jakarta dan barang yang akan kita jual lebih dari 10 item. Setelah itu, team Tinkerlust akan meng-kurasi barang-barang kita (mereka hanya terima barang yang kondisinya benar-benar masih bagus) dan akan mengirimkan email ke kita mengenai barang-barang yang diterima untuk dijual di Tinkerlust disertai rekomendasi harga jualnya (kita masih bisa merubah harganya) dan daftar barang yang mereka reject dan akan dikembalikan ke kita lewat kurir (atau bisa kita ambil sendiri). Setelah kita sepakat dengan harga preloved kita, mereka akan upload ke website. Kita tinggal duduk manis sambil menunggu barang kita laku terjual. Kita juga bisa bantu untuk mempromosikan barang kita lewat instagram/blog atau media social lain, jika ada.

Sebagai catatan, Tinkerlust mempunyai batasan barang-barang atau merk/brand yang bisa dijual di website mereka. Detailnya bisa dilihat di: http://www.tinkerlust.com/sell.

Saya sendiri juga sedang menitipkan beberapa barang preloved untuk dijual di Tinkerlust. Detailnya bisa dilihat under vendor name: shanti-1507. Atau bisa dilihat di link berikut.

So, untuk yang sedang bersih-bersih koleksi barang preloved-nya, silakan buka website Tinkerlust. Let’s turn your preloved fashion items into cash 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s